Yang Melintas

Wednesday, May 17, 2006

Oleh-Oleh Buku Untuk Perpustakaan

Satu berita menggembirakan dimuat di situs Antara News Agency sore ini, yaitu bahwa Presiden Minta Menteri Oleh-Olehi Bukupada saat beliau mencanangkan Gerakan Pemberdayaan Perpustakaan di Masyarakat di Jakarta, hari Rabu ini. Jika Menteri, Gubernur, Bupati atau Walikota bepergian supaya membawa oleh-oleh buku bagi perpustakaan di daerahnya.

Tentunya permintaan ini bisa dituruti kalau pejabat yang bersangkutan pergi ke kota besar atau ke luar negeri yang menyediakan toko-toko buku yang lengkap dan memadai. Buku yang disumbangkan ke perpustakaan juga sebaiknya yang dibutuhkan oleh daerah setempat. Dengan contoh dari para pejabat tersebut, siapa tahu pejabat-pejabat lainnya juga terinspirasi untuk menyumbangkan buku juga ya. Selanjutnya, menular ke masyarakat luas yang juga ingin menyumbang buku.

Yang sekarang jadi pertanyaan adalah: di manakah lokasi perpustakaan daerah? Dan pertanyaan yang lebih mendasar lagi: ada tidak perpustakaan daerah?

Seumur hidup saya, kok belum pernah tahu ada perpustakaan daerah, baik di Jakarta, Bandung, Yogya, ataupun kota atau daerah lain yang pernah saya kunjungi. Atau saya saja yang tidak memperhatikan dan tidak tahu? Yang saya tahu adalah perpustakaan Balai Pustaka dan perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (mungkin sekarang sudah dilebur menjadi perpustakaan ..?..), yang saya kunjungi waktu SD dan SMP dulu sekitar tahun 1970-an, Perpustakaan Nasional yang belum pernah saya kunjungi, perpustakaan ..?.. (milik Kedutaan Besar Amerika Serikat?) dulu terletak di Wisma Metropolitan - Jakarta, perpustakaan British Council di Bandung dan Jakarta, dan tentu saja perpustakaan sekolah ketika di SMA dan Perguruan Tinggi. (SMP tempat saya bersekolah tidak memiliki perpustakaan [kondisi tahun 1974-1976]. Menyedihkan ya? Padahal ini SMP Negeri di Jakarta lho)

Tapi memang pengetahuan saya mengenai perpustakaan sudah sangat usang. Terakhir saya mengunjungi perpustakaan adalah hampir 20 tahun yang lalu, jadul banget.., yaitu perpustakaan di Wisma Metropolitan itu. Entah sekarang masih ada atau tidak? Sekarang? Buku-buku koleksi sendiri saja belum terbaca semua kok..., mau pinjam lagi dari perpustakaan...

Kembali ke ajakan Presiden SBY agar pejabat membawa oleh-oleh buku, semoga membawa angin segar bagi perpustakaan daerah masing-masing, menjadikan perpustakaan daerah sebagai salah satu tempat pembelajaran yang terjangkau bagi masyarakat luas.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home