Yang Melintas

Tuesday, February 14, 2006

ENIAC--Komputer Pertama-- 60 Tahun

14 Februari 1946, University of Pennsylvania, Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) diresmikan pemakaiannya oleh Jenderal Gladeon Barnes, dan dimulailah kisah cinta dunia (barat) dengan komputer.

ENIAC dirancang dalam masa Perang Dunia II oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly. Tanggal 5 Juni 1943 ditandatangani kesepakatan bahwa University of Pennsylvania akan melakukan riset pembuatan electronic differential analyzer untuk U.S. Army Ordnance Department. ENIAC dimaksudkan untuk mengotomatisasi proses perhitungan artileri yang cepat dan akurat. Bagaimanapun ENIAC baru diselesaikan setelah PD II berakhir. Meskipun beberapa komputer sudah diciptakan sebelumnya--Z23 di Jerman, Colossus di Inggris, Atanasoff-Berry Computer (ABC) di Iowa State, tetapi ENIAC adalah mesin elektronis pertama yang bisa diprogram untuk menjalankan berbagai tugas dan memperkenalkan konsep: pernyataan "if/then" (meskipun belum sempurna) dan penyimpanan program di memori komputer (pada saat penyempurnaan selanjutnya). Dalam masa baktinya, ENIAC digunakan untuk pengembangan bom hidrogen, perkiraan cuaca, studi sinar kosmik, rancangan terowongan angin, dan proyek-proyek sains serta militer lainnya. ENIAC di-immobilisasi akibat petir di tahun 1955.

Mau tahu spek ENIAC?
- kinerja: 5.000 addition problem/detik;
- konsumsi daya: 170 kiloWatt;
- berat: 28 ton;
- ukuran: lebar 24,4 m x tinggi 2,4 m (CMIIW--Correct Me If I'm Wrong)
- jeroan: 17.840 tabung hampa
- harga: US$487,000
Wow, kelas berat banget ya?

Pada kenyataannya, hanya 1 unit ENIAC yang pernah dibuat. Enam teknisi bertanggung-jawab mengerjakan persamaan matematika dan pemrograman. Karena pekerjaan ini dianggap kepanjangan dari pekerjaan klerk, maka programming ini dilakukan oleh perempuan. Jadi programer-programer pertama ENIAC adalah perempuan! Cerita mengenai Marlyn Meltzer, Ruth Teitelbaum, Frances Spence, Kathleen Antonelli, Jean Bartik, dan Betty Holberton dapat dilihat di WITI - Hall of Fame - The ENIAC Programmers. Tidak disangka, perempuan ternyata sudah berkiprah di dunia komputer sejak awal. Bahkan, programer-programer pertama ini pada awalnya disebut "computers"!

ENIAC dibuat berdasarkan sistem desimal 10 digit; bukannya dengan sistem binari seperti komputer-komputer periode berikutnya. Tidak ada lagi yang tersisa dari ENIAC. Maksudnya, sudah tidak ada lagi jejak-jejak ENIAC di mesin-mesin sekarang, kecuali barangkali penggunaan listriknya. Kini, ENIAC disimpan (kalau tidak salah) di Smithsonian Institute. Selamat Ulang Tahun Ke-60 ENIAC!

Bahan tulisan di atas diambil dari A Computer Is Born di CNET News.com. Coba kunjungi juga The ENIAC Museum Online.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home