Yang Melintas

Friday, April 01, 2005

GMail 1 Tahun

GMail adalah layanan email gratis dr Google dan saat ini menawarkan kapasitas mailbox terbesar sampai dengan 1 GB. GMail masih dalam versi Beta. Untuk mendapatkannya, tidak bisa langsung mendaftar, tapi harus melalui undangan dari mereka yang sudah punya account GMail.

Ternyata hari ini adalah 1 tahun usia GMail. Janjinya sih, secara bertahap GMail akan menambah kapasitas mailbox-nya. Tadi saja saya lihat kapasitasnya sudah menjadi 1.345 MB atau 1,3 GB. Mungkin hal ini didorong oleh persaingan dg email gratisan dr portal lain: Yahoo! Mail. Yahoo! sudah mengumumkan akan menambah kapasitas mailbox-nya menjadi 1 GB pada akhir April ini (dengar2 Yahoo! Mail yg di Jepang sudah menikmati fasilitas ini).

Yahoo! sendiri beberapa hari yll meluncurkan Yahoo! 360 yg masih dalam versi Beta. Untuk memanfaatkan Yahoo! 360 ini juga harus melalui undangan. Sepertinya (kalau tidak salah) Yahoo! 360 ini gabungan blog, IM, ..mmm, apa lagi ya? Katanya sih di Google juga ada fasilitas sejenis, yaitu Orkut. Tapi saya belum pernah lihat dan belum pernah tahu seperti apa. Gaptek? Biarin.. Wong memang orang awam.

Kapan ya dari Indonesia bisa bertindak sebagai supplier jasa-jasa seperti ini? Tidak hanya sebagai pengguna saja yang manut sama service provider? Institusi pendidikan di Indonesia bisa gak ya mencetak SDM unggul seperti PT2 di Amrik? Ingin sekali mimpi ini terwujud..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home