Yang Melintas

Thursday, January 26, 2006

Perjuangan Ibunda Anak Autistik

"Untaian Duka Taburan Mutiara" adalah kisah perjuangan seorang ibu yang membesarkan anaknya yang penyandang autisme. Kondisinya sebagai orang tua tunggal menjadikan pengasuhan anak autistik-nya berada di tangan Ibu Ita--penulis buku ini-- sendiri. Buku ini menceritakan the ups and downs dalam kehidupan keluarga Ibu Ita dan Ikhsan--anaknya. Setiap akhir bab dilengkapi dengan box "andai aku tahu", yang berisi pelajaran yang diambil Ibu Ita dari setiap peristiwa, yang dapat menjadi masukan bagi pembaca.

Kisahnya dimulai dari perkembangan Ikhsan sejak bayi, yang dirasakan anteng sekali. Kesehatannya pun sering terganggu dan masalah yang sangat dirasakan adalah perkembangan bahasa dan bicaranya yang sangat lambat. Kesadaran Ibu Ita akan kondisi anaknya dan kemudian perjuangannya di dalam membantu Ikhsan agar dapat terus meningkatkan kemampuan merupakan perjuangan yang tanpa henti. Belum lagi adanya masalah keretakan rumah tangga dan kesehatan Ibu Ita yang terganggu. Di tengah berbagai kesulitan dan kecemasan menangani perkembangan anak autistik, Ibu Ita harus mencari nafkah dan juga mengatasi masalah kesehatannya sendiri.

Tetapi perjuangan Ibu Ita tidak berhenti sampai mendidik anaknya saja, melainkan meluas sampai ke komunitas anak-anak autistik lainnya. Tidak hanya di Jakarta, tetapi sampai ke daerah-daerah lain di Indonesia. Ibu Ita adalah Penanggung Jawab Pendidikan di Sekolah Mandiga, Jakarta, dan juga pengurus aktif Yayasan Autisma Indonesia.

Membaca buku ini, tak terasa air mata menetes berkali-kali, terutama ketika merasakan kegembiraan yang dirasakan Ikhsan dan Ibu Ita pada setiap peristiwa yang menggembirakan atau setiap kemajuan yang dicapai Ikhsan. Bahwa sekarang Ikhsan bisa berkomunikasi (non-verbal), Ikhsan bisa mengetik, bisa menggambar (gambarnya bagus lho), bisa punya kegiatan favorit (berenang dan menggambar), pasti dulu tidak terbayangkan. Melihat foto Ikhsan yang tersenyum bersama Ibu Ita di cover belakang buku ini, terasa bahwa perjuangan Ibu Ita dan Ikhsan memang berharga dan tidak sia-sia.

Terus berjuang ya Ibu Ita dan Ikhsan, dan juga keluarga-keluarga lain dengan anak yang autistik. Terima kasih Ibu Ita atas kesediaannya untuk berbagi. Buku ini merupakan pelepas dahaga dari sangat sedikitnya pengetahuan mengenai autisme. Kami, para pembaca, belajar banyak dari buku ini.

+++ (04:18 pm) penerbit buku ini adalah Penerbit Qanita - PT. Mizan Pustaka

0 Comments:

Post a Comment

<< Home