Yang Melintas

Tuesday, March 29, 2011

Membangun Kebiasaan Lewat Kalender


Dikatakan bahwa untuk membangun kebiasaan baru memerlukan waktu minimum 21 hari. Lifehacker memuat resep Jerry Seinfeld dalam membentuk kebiasaan menulis bahan lawakan, yaitu dengan menandai tanggal-tanggal di kalender. Setiap hari setelah menulis, Jerry menandai kalendernya sehingga terbentuk seperti rantai. Kunci membentuk kebiasaan adalah jangan memutuskan rantai tersebut!

Beberapa orang sudah membuat aplikasi berbasis web untuk menandai kalender seperti yang dilakukan Jerry Seinfeld. Kemudian ada juga habit list dari Productivity501. Di habit list, terdapat sejumlah kegiatan yang akan dijadikan kebiasaan dan tersedia kotak-kotak untuk menandai kegiatan yang sudah dilakukan.

Mencontoh habit list tadi, dengan Excel saya membuat tabel serupa sesuai dengan kebutuhan saya. Tentu saja, belum semua kegiatan bisa dicentang setiap hari alias belum dilakukan setiap hari. Contohnya adalah "sholat tahajud", "tidur cepat", "olahraga", "baca terjemahan Al Quran", "belajar bahasa", atau "menulis blog". :( Yaaah, separonya-lah. :( Tapi secara umum, daftar ini sangat membantu saya dalam mengingat "kewajiban" harian dan membentuk kebiasaan yang saya perlukan.

Labels:

2 Comments:

Post a Comment

<< Home